3 Januari 2013

Review : Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu




Sebelum mereview buku ini, saya ucapkan selamat untuk Kak Winna Efendi atas kabar baik kalau novel Refrain akan diangkat ke layar lebar. :)

Okay, honestly, it's Winna's book that I read! Well, aku beli buku ini gara-gara sering mandeg ketika harus menulis sebuah cerita. Dan, sedang menyelesaikan project novel yang saya tulis.Buku ini sangat bagus untuk dibaca oleh kamu semua yang gila sama dunia kepenulisan, terutama tulisan fiksi. Buku ini boleh dibilang merupakan buku "resep dan cara menulis" yang sangat cocok untuk dimiliki oleh calon penulis TERKENAL maupun penulis TERKENAL (yang ingin membaca karya Winna Efendi).

Buku ini membahas tentang bagaimana menulis fiksi, mulai dari pengembangan ide, membuat sesuatu yang klise menjadi sesuatu banget yang fresh, cara menentukan karakter, plot, setting, membuat narasi dan dialog, memberi judul, tips dan trik mengirim ke penerbit. This book so complicated! Buku ini membahas itu semua secara detail tidak seperti tips menulis kebanyakan yang hanya membahas beberapa saja dan tidak mendalam.

Anyway, setiap buku pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Bagiku, kekurangan dari buku ini adalah, kolom exercise yang sedikit. Harusnya sih, kolom itu diadain di tiap bahasan agar pembaca bisa langsung praktek dan gak lupa. Terus, kelebihannya sih, udah ada beberapa Exercise sehingga pembaca bisa langsung menulis apa yang harus dilakukan. :)

Three stars for this books! Saya sangat merekomendasikan buku Kak Winna Efendi ini untuk dibaca, terutama oleh penulis pemula yang masih belum tahu seluk beluk dunia kepenulisan. Hey, this's interesting and meaningful book for you!!! :)



View all my reviews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar