3 Januari 2013

Menentukan Setting Lokasi dan Suasana


Sore baru saja pergi. Suasana danau tempat aku melangsungkan bulan madu,terasa begitu tenang. Suara binatang malam mulai terdengar. Bukit yang ada tepat dihadapanku terlihat semakin samar tak jelas.Gelap perlahan mulai turun. Puluhan lilin mnebarkan cahaya di sekililing dermaga. Ah, guide kami mengerti apa yang kami mau!

Aku melingkarkan kaki kananku tepat di atas paha kiriku. Kuraih segelas anggur merah dari meja beralas kain putih yang menutupi hampir semua bagian. Aku tersenyum pada seorang wanita yang berada di hadapanku. Matanya yang bening dan teduh membuatku semakin terpesona. Pipinya memerah saat ia tahu aku sedang memandanginya.

"Kamu selalu bisa membuatku salah tingkah!" serunya kemudian mengalihkan pandangan pada lautan kecil yang ada di hadapan kami.
"Sudah lama aku tidak melihatmu seperti ini. Rasanya, baru kemarin aku memintamu untuk menjadi pacarku," sahutku kemudian meminum segelas anggur merah pada gelas bening yang kupegang.
"Kamu adalah laki-laki yang ku cintai, Ram!"
"Kamu juga," balasku.
"Jangan pernah tinggalin aku untuk kedua kalinya, ya! Kita sudah terikat pada satu janji yang enggak akan bisa melepaskan hubungan kita," jawab Dian sambil menunjukkan sebuah cincin pernikahan di jari manisnya.

Aku terdiam. Tidak ada yang bisa aku lakukan. Mulutku terkatup oleh kata-katanya. Aku merasakan tubuhku kaku, memori ingatanku kembali menjelajah pada masa-masa sulit yang pernah terjadi antara aku dan Dian. Aku pernah mengkhianatinya. Mencoba lepas dari kesetiaannya. Namun, aku tidak bisa, jerat setia yang Dian berikan terlalu sulit untuk kulepas. Aku kembali untuk setia yang digenggamnya.

Note :
Dalam menulis setting, kita harus memanfaatkan apa terjadi di sekitar adegan berlangsung. Berdasarkan buku dan bebeapa referensi yang pernah saya baca, suatu setting akan terlihat semakin hidup dan nyata jika kita menggabungkan semua aspek panca indra kita,penciuman, pendengaran, suasana, penglihatan dan suara.

So, make your setting so reliable, make the reader feel the same situation with the character! :)

Latihan :

Carilah gambar dengan setting dan adegan di google. Lalu, deskripsikan apa yang ada digambar tersebut jangan lupa panca indera untuk membuat setting yang kamu pilih lebih meyakinkan. :)

Misal : Adegan seorang menunggu di kursi taman, Perpisahan sahabat di bandara, Anak SMA yang merayakan kelulusan dan seorang ibu yang sedang menggendong anak. Happy learning! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar