26 November 2013

LOMBA MENULIS CERPEN “DONGENG MASA KECIL INSPIRASIKU”




Dongeng, legenda, fabel, atau bibble yang sering menjadi pengantar tidur saat kecil dulu masih jelas terekam dalam ingatan, menyisakan kenangan hangat yang takkan terlupakan. Bahkan saking membekas, adakalanya cerita-cerita itu terasa hidup dan mempengaruhi dunia kita saat ini. Juga, menjadi sumber inspirasi dalam mengejar prestasi, karier, juga kehidupan rumah tangga.

Mungkin Sahabat merasa bahwa cerita-cerita yang sering kita dengar dulu itu ternyata memiliki ikatan yang kuat dalam hidup Sahabat saat ini. Nah, bagaimana kalau Sahabat tuangkan pengalaman itu ke dalam sebuah Cerpen Inspiratif dan ikutkan dalam Lomba Menulis Cerpen “Dongeng Masa Kecil Inspirasiku” yang diselenggarakan oleh Penerbit Remaja de TEENS dan Grup Pustaka Inspirasi-ku.

Syarat dan Ketentuan:

Simak dengan baik ya,  syarat-syaratnya, sebagai berikut:

-. Cerpen diangkat dari kisah nyata, baik yang dialami sendiri maupun oleh orang lain, yang sahabat kenal.

-. Cerpen tidak mengandung Unsur SARA, Politik tertentu,  dan pornografi.

-. Panjang cerpen 10 – 15 halaman A4, spasi 2, TNR 12, justified, margin 4-4-3-3 cm

-. Naskah dikirim dalam bentuk file word (nama file = Nama Penulis spasi Judul Naskah), ke email: pustakainspirasiku@gmail.com dengan subjek #CerpenInspirasi spasi nama penulis spasi judul cerpen (contoh #CerpenInspirasi Kamiluddin Azis Cinderella Berhijab Putih )

-. Sertakan biodata diri lengkap (berisi nama asli, alamat lengkap, nomor HP, nomor rekening bank), juga biodata dalam bentuk narasi, di akhir naskah (digabungkan dalam satu file word sekaligus).

-. Setiap peserta wajib follow twitter penyelenggara lomba ini yaitu: @bukuilmuku (akun grup) dan @de_teens, dan mention setelah mengirimkan naskah. Satu peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 naskah terbaiknya saja.

-. Lomba ini dibuka mulai tanggal 28 November 2013 s/d 28 Januari 2014. Lama penjurian 1 bulan.

-. Update daftar peserta setiap hari Kamis s/d penutupan Dead Line, di dokumen dan blog Grup Inspirasi-ku, serta di blogdivapress.com.

Hadiah:

-. Akan dipilih naskah-naskah terbaik, dengan penghargaan sbb:

Juara    1: Rp   500.000,-  + 1 buku tanda terbit

Juara    2: Rp   300.000,- +  1 buku tanda terbit

Juara    3:Rp    200.000,- +  1 buku tanda terbit

Masing-masing nominator yang karyanya diterbitkan akan mendapat fee dan 1 buku tanda terbit.

Ayo, kirimkan naskah terbaikmu dan jadilah yang pertama terbit tahun 2014 mendatang.

Salam Inspirasiku


PS :

Contoh cerpen yang kami cari, misalnya seperti ini:

-. Kisah sahabatmu yang kini menjadi Putri Indonesia. Sejak kecil orang tuanya sering menceritakan kisah-kisah tentang putri kerajaan yang cantik dan baik hati. Hal ini membuat sahabatmu itu terinspirasi untuk menjadi seorang putri. Berkat kesungguhan dan kebulatan tekadnya, kini ia benar-benar menjadi seorang putri. Bukan putri kerajaan memang, melainkan seorang Putri Indonesia. Dengan jiwa sosialnya yang tinggi, ia sering keliling Indonesia untuk membantu anak-anak di daerah terpencil.


Sumber gambar: wallcoo.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar